TRAMPIL

TENTANG TRAMPIL

Home  >>  TENTANG TRAMPIL

TRAMPIL adalah sebuah Pusat Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di mana para peserta dapat mengikuti proses pembelajaran melalui sistem e-learning. Untuk memfasilitasi proses pembelajaran berbasis internet ini diperlukan ICT Learning Center di tiap lokasi yang dikelola oleh dua orang fasilitator, yakni fasilitator belajar dan fasilitator TIK. Tiap ICT Learning Center dapat diselenggarakan oleh sebuah gereja atau badan penyelenggara pendidikan Kristen (anggota Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia).

EDUCATIONe-LEARNINGTRANSFORMATION
Pendidikan generasi muda adalah kunci bagi masa depan sebuah bangsa. Kebodohan, kemiskinan, ketimpangan sosial, ketidak adilan, radikalisme agama hanya dapat diperangi melalui pendidikan yang tidak saja harus berkualitas tetapi terutama yang bersifat holistik transformatif. TRAMPIL bersama para mitranya merasa terpanggil untuk ikut serta memajukan pendidikan di Indonesia, di antaranya melalui pengembangan karakter dan kapasitas diri para guru, pembekalan bagi para pemimpin, pengutusan kaum muda peduli pendidikan, pemberdayaan bagi para pemuda, khususnya di daerah dengan akses terhadap fasilitas pengembangan kapasitas manusia yang masih sangat terbatas.
Percepatan pengembangan pendidikan yang berkualitas dan perluasan akses terhadap pendidikan bermutu akan sangat terbantu dengan semakin tersedianya teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Sistem pembelajaran berbasis TIK (e-learning) merupakan solusi tepat bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan terluas di dunia dengan jumlah daerah terpencil yang masih cukup banyak. Inisiatif pemerintah membangun infrastruktur kabel serat optik untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia merupakan langkah yang sangat tepat. TRAMPIL bersama para mitranya merespons upaya pemerintah ini dengan ikut serta mengembangkan fasilitas dan materi pembelajaran berbasis TIK.
Indikator keberhasilan sebuah upaya pendidikan jelas tidak hanya sebatas jumlah lulusan yang diwisuda, namun harus mampu diwujudkan dalam bentuk transformasi kehidupan bangsa. Pendidikan Kristen perlu ikut berkontribusi menghasilkan generasi penerus yang mampu menegakkan kejujuran dan keadilan, memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, mendahulukan kepentingan sesama di atas kepentingan pribadi dan kelompok.


Latar Belakang TRAMPIL
Mekanisme Kerja

VISI TRAMPIL

Menjadi penyelenggara dan katalisator jejaring pendidikan Kristen berstandar internasional, yang menjangkau seluruh Indonesia dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sebagai wujud kontribusi gereja dan masyarakat Kristen bagi transformasi bangsa

MISI TRAMPIL

  1. Menyediakan fasilitas e-learning dan jejaring ICT Learning Centers berstandar internasional di seluruh Indonesia yang masing-masing dilengkapi dengan fasilitator belajar dan fasilitator teknologi sebagai pengelola ICT Learning Center dan pendamping para pengguna.
  2. Mengkoordinasi penggalangan bantuan dana belajar bagi para pengguna ICT Learning Centers dari berbagai pihak yang ingin berpartisipasi mewujudkan transformasi bangsa melalui pendidikan.
  3. Mengkoordinasi pembuatan materi-materi pembelajaran dan mengupayakan ketersediaan sumber-sumber belajar berstandar internasional, terutama dari jejaring pendidikan Kristen.

NILAI-NILAI TRAMPIL

God-centredness (Berpusat pada Tuhan)
Outreach and Discipleship (Penjangkauan dan Pemuridan)
Trustworthiness (Dapat Dipercaya)
Respect & Learn from Others (Menghormati dan Belajar dari Orang Lain)
Accountable (Akuntabel)
eMpowerment (Pemberdayaan)
Professionalism (Profesionalisme)
Initiator (Inisiator)
Life-long Learners (Pembelajar Seumur Hidup)

MARS TRAMPIL


Trampil Trampil ... Go Go (3x) Trampil Trampil ... Go
Trampil Trampil ... Go Go (3x) Trampil Trampil ... Go
Trampil di hatiku, Trampil jadi kebanggaanku,
Transformasi bangsa kita lewat pendidikan
Trampil milik Tuhan
Trampil di hatiku, Trampil jadi kebanggaanku,
Transformasi bangsa kita lewat pendidikan
Trampil milik Tuhan
Trampil Trampil ... Go Go (3x) Trampil Trampil ... Go
Trampil Trampil ... Go Go (3x) Trampil Trampil ... Go
Trampil Trampil ... Go

(karya Widodo Adipranoto & Irwan Pratama)


DEWAN PEMBINA

Prof. H.A.R. Tilaar
Dr Iman Santoso
Mayjen TNI (Purn) Monang Siburian
Ir David Tjandra, MA
Drs. Jopie J.A. Rory, SH
Dr Danny Tumiwa
Abraham Lalamentik
Suwadji Widjaja
Drs. Kresnayana Yahya, M.Sc.
Theng Yohanes Hadi Wianto
Dr. Robby I. Chandra

DEWAN PENGAWAS

Lea Santoso
Hari Sugiharto

DEWAN PENGURUS

Ketua: Takim Andriono
Wakil Ketua: Romi H. Budiardjo
Sekretaris: Ronny Gunawan
Bendahara: Mina Sulastri

BANK

BCA KCU Darmo Surabaya
a.n. Yay. Trampil Indonesia
No Rek.: 0885-930-331
Swift Code BCA: CENAIDJA

Akte Pendirian Yayasan TRAMPIL Indonesia No. 50 tanggal 25 Februari 2013 – Notaris Bambang Santoso, S.H., M.Kn. Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. AHU-1529.AH.01.04.Tahun 2013 tanggal 2 April 2013 tentang Pengesahan Yayasan TRAMPIL Indonesia. NPWP:  31.701.083.3-607.000

MITRA TRAMPIL

INSTITUSI PENDIDIKAN

Institusi Pendidikan Nasional

Institusi Pendidikan Internasional

LEMBAGA PEMERINTAH

~

LEMBAGA GEREJAWI

Gereja Kristen Indonesia (Klasis Banyuwangi, Klasis Jakarta Barat); Gereja Kristen Injili Tanah Papua

DUNIA USAHA