Kunjungan Pendamping Lapangan di PAUD-PAUD Peserta POP Tahap 2 di Sumba Timur

Tanpa terasa pelatihan Program Organisasi Penggerak (POP) Yayasan TRAMPIL Indonesia Tahap 2 telah berakhir pada tanggal 3 September 2022 untuk guru jenjang PAUD dan SD, sedangkan untuk Kepala Lembaga PAUD dan Kepala SD masih memiliki 1 sesi terakhir di tanggal 10 September 2022.

Pada pelaksanaan kegiatan POP Tahap 2 ini ada beberapa praktik baik yang ditemukan oleh Pendamping Lapangan, Bapak Khusna, pada saat berkunjung di PAUD-PAUD yang Guru dan Kepala Lembaganya mengikuti kegiatan POP Tahap 2 di Sumba Timur.

Berikut ini 2 cerita praktik baik yang ditemukan:

  1. TK Negeri Tunas Harapan

Berjarak sekitar 38km dari Pusat Kota Waingapu. Pada saat dikunjungi Bapak Khusna pada tanggal 17 September 2022, tampak Ibu Maria Beti sekaligus kepala lembaga sedang menerapkan pembelajaran literasi dengan kegiatan membaca bersama siswa-siswinya. Selain itu juga bu Maria Beti menerapkan pembelajaran numerasi, berhitung dari angka 1-10 dengan menggunakan nyanyian berbahasa Indonesia, bahasa Sumba dan bahasa Inggris. Siswa-siswa terlihat senang dan menyimak pelajaran dengan baik.

  1. PAUD Mbuhang Pahamu

Berada di kecamatan Haharu, dengan lokasi sekitar 54km dari pusat kota Waingapu, hampir 2 kali jarak tempuh PAUD pertama di atas. Pak Khusna melakukan kunjungan ke PAUD ini pada tanggal 20 September 2022. Pada saat dikunjungi pak Khusna menemukan berbagai praktik baik yang diterapkan di PAUD sebagai hasil dari proses pelatihan POP Tahap 2.

Yayasan TRAMPIL Indonesia mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu peserta POP Tahap 2 ini yang dengan tiada lelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan POP tahap 2 dari awal hingga selesai. Tentu saja harapan kami bapak ibu semua menerapkan apa yang sudah diperoleh selama mengikuti pelatihan di kelas masing-masing. Kami sangat menantikan cerita-cerita praktik-praktik terbaik di kelas bapak ibu semua.

Kiranya Tuhan Yesus selalu memberkati setiap karya pelayanan kita dimanapun kita berada.