Sarasehan Para Pengurus Badan Penyelenggara (Yayasan/Perkumpulan) Pendidikan Kristen

FRUITFUL CHRISTIAN SCHOOLS

start with

STRONGLY
ROOTED BOARDS

(Sekolah Kristen Yang Berbuah Dimulai Dengan Para Pengurus Yang Berakar Kuat)

Sejak akhir 2019 Pendidikan di Indonesia mengalami percepatan perubahan dengan diberlakukannya kebijakan Merdeka Belajar, yang hingga akhir 2022 telah diikuti dengan 22 (dua puluh dua) episode inisiatif, seperti Asesmen Nasional pengganti Ujian Nasional, Organisasi Penggerak, Sekolah Penggerak, Guru Penggerak, dan sebagainya.  Sekolah-sekolah “tergagap” dengan konsep baru ini ditambah dengan munculnya pandemi COVID-19, yang memaksa para siswa belajar dari rumah (Learning from Home) dengan mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi. Kini sekolah-sekolah sudah mulai menerapkan Kurikulum Merdeka (Episode 15) yang mengakomodasi dampak pandemi COVID-19 dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika kebutuhan dunia kerja pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0.  

Berbagai pelatihan telah dan terus diberikan oleh Kemendikbud-Ristek bagi para Guru dan Kepala Sekolah, namun sangat sedikit, bahkan mungkin belum ada  pembekalan bagi para pengurus badan penyelenggara (yayasan/perkumpulan) pendidikan, termasuk pendidikan Kristen.  Sarasehan ini dirancang khusus sebagai forum belajar bersama para pengurus badan penyelenggara (Yayasan/perkumpulan) pendidikan Kristen, yang berasal dari berbagai latar belakang, agar dapat BERAKAR KUAT dalam rangka mewujudkan SEKOLAH KRISTEN YANG BERBUAH bagi kemuliaan Tuhan di tengah terpaan angin dan derasnya arus perubahan jaman.

Pengurus Yang Berakar Kuat dalam Kristus

Selasa, 28 Februari 2023,
pk 19:00 – 21:00 (WIB)

Bersama-sama kita memahami, dalam konteks kehidupan masa kini, sebuah proses pertumbuhan Sekolah Kristen yang Berbuah diawali dengan Pengurus yang Berakar Kuat dalam Kristus (Yeremia 17:7-8; Mazmur 1:1-3; Yohanes 15:5; Kolose 2:6-7).

Tanah dan Akar (Developing Shared Believes)

Sabtu, 25 Maret 2023,
pk 09:00-11:00 (WIB)

Pengurus, yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi, semakin menjiwai fungsi dan perannya, terutama dalam mengembangkan keyakinan bersama terhadap tugas, panggilan, visi, misi dan tujuan penyelenggaraan pendidikan Kristen di tengah dinamika dan tantangan Era Revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0.

Batang (Developing Shared Values & Healthy Relationships)

Sabtu, 15 April 2023,
pk 09:00-11:00 (WIB)

Pengurus memastikan nilai-nilai bersama sebagai faktor penuntun kehidupan sekolah, yang melengkapi visi dan misi, telah benar-benar dihayati dan dihidupi oleh semua pemangku kepentingan (stake-holders) utamanya. Pengurus mampu membangun relasi yang sehat dengan sesama rekan pengurus, para eksekutif (Direktur, Koordinator, Kepala Sekolah, Guru, Staf) dan pemangku kepentigan utama lainnya.

Cabang dan Ranting (Developing Principle-based Policies)

Sabtu, 3 Juni 2023,
pk 09:00 -11:00 (WIB)

Pengurus mampu merumuskan berbagai kebijakan pokok terkait dengan berbagai aspek kehidupan sekolah (kepentingan para siswa dan orang tua mereka, kerohanian, akademik, sumber daya, lingkungan dan budaya) berbasis prinsip-prinsip Alkitab serta memastikan kebijakan-kebijakan tersebut terimplementasi dengan baik.

Daun (Developing Effective School Management)

Sabtu, 17 Juni 2023,
pk 09:00-11:00 (WIB)

Pengurus mampu mengembangkan landasan bagi terciptanya sebuah manajemen sekolah yang efektif tanpa melakukan micro-managing (terlalu ikut campur ke hal-hal detil yang menjadi tugas para eksekutif). Dalam hal ini pengurus perlu memahami berbagai perkembangan mutakhir, termasuk kebijakan-kebijakan pemerintah dan teknologi pembelajaran.

Berbuah dan Berbagi

Sabtu, 1 Juli 2023,
pk 09:00-11:00 (WIB)

Dengan pertolongan Tuhan pengurus mampu melihat jauh ke depan, seperti apa “buah” yang akan terus dihasilkan melalui proses pendidikan dan pembelajaran yang dilaksanakan sekolahnya. Pemantauan dan evaluasi perlu terus dilakukan. Pengurus bersama sekolah yang diselenggarakannya perlu menjalankan pula peran GARAM dan TERANG DUNIA untuk berbagi dengan sekolah-sekolah lain, terutama dengan sesama anggota MPK demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Untuk mengikuti sarasehan ini, para peserta (onsite atau online) tidak dikenakan biaya.  Namun peserta sangat diharapkan komitmennya untuk bersama-sama mengikuti seluruh proses Belajar-Berbuat-Berbagi serta bersama-sama membangun Komunitas Belajar Para Pengurus Pendidikan Kristen bagi kemajuan pendidikan Kristen.

 

Soli Deo Gloria.