TUJUAN

Menyediakan wadah dan komunitas dalam sebuah platform Belajar, Berbuat dan Berbagi (Learn & Bless) bagi guru dan kepala sekolah Kristen serta pengurus badan penyelenggara (Yayasan) Pendidikan Kristen yang dapat digunakan untuk mengembangkan kompetensinya secara bertahap dan berkelanjutan dalam rangka memperlengkapi Generasi Penggerak Transformasi Bangsa yang Tuhan percayakan kepada mereka dan kita semua.

SASARAN

Guru dan Kepala Sekolah serta Pengurus Badan Penyelenggara (Yayasan) Pendidikan Kristen yang berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Kristen khususnya di wilayah Jawa Timur.

PENDEKATAN 3B

Pelatihan ini menggunakan pendekatan 3B yaitu BELAJAR-BERBUAT-BERBAGI seperti diilustrasikan pada gambar berikut:​

LANDASAN ALKITAB

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus (catatan: anak-anak yang Tuhan percayakan kepada kita) bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus. (Efesus 4:11-12, TB).

Diberkatilah orang yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan! Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah. (Yeremia 17:7-8)

Ia (Hikmat yang berasal dari Ajaran Tuhan) menjadi pohon kehidupan bagi orang yang memegangnya, siapa yang berpegang padanya akan disebut berbahagia. (Amsal 3:18)

MATERI PELATIHAN

GURU

Memprioritaskan pemberdayaan guru SD untuk mengembangkan Kompetensi Literasi dan Numerasi dengan nilai-nilai kebenaran Alkitab pada anak didik, agar mereka mampu mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi secara mandiri sepanjang hayat.

MODUL:

  1. Pengembangan Pengetahuan Teknologi, Pedagogik, dan Konten
  2. Modul Literasi : Peran Bahasa Lisan (Pemahaman Menyimak),  Pengembangan Ketrampilan Kosakata,  Strategi Membaca untuk Pemahaman dan Pembelajaran Literasi Berimbang
  3. Modul Numerasi : Pendekatan konkret pada operasi matematika, Pendekatan Konkret pada Konsep Perbandingan dan Pengenalan “Bar Model” untuk Penyelesaian Soal Cerita

KEPALA SEKOLAH

Mengimplementasikan kebenaran Firman Tuhan terkait Kepemimpinan Sekolah Kristen dengan fokus pada tiga aspek utama yang dicantumkan dalam regulasi terkait penugasan Kepala Sekolah (Kepemimpinan Pembelajaran, Kepemimpinan Manajerial, dan Pengambangan Sekolah).

MODUL:

  • Supervisi dan Coaching Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)
  • Kepemimpinan dan Manajemen Kualitas Pembelajaran
  • Pengembangan Sekolah dengan Semangat Kewirausahaan
  • Evaluasi Dampak dan Coaching GTK
  • Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi Sekolah
  • Pengembangan Sekolah secara Berkelanjutan

YAYASAN

Menerapkan Konsep Pohon Keyakinan dengan motto “Fruitful Christian Schools start with A Strongly Christian Board” yang berfokus pada pemahaman visi, misi, dan panggilan Tuhan, fungsi dan peran yayasan pendidikan Kristen, serta pengembangan strategi, struktur, dan sistem institusi pendidikan Kristen yang sesuai dengan tuntutan zaman.

MODUL:

  • Pemahaman dan Pengembangan Shared Belief (Tanah dan Akar)
  • Pemahaman dan Pengembangan Shared Values (Batang)
  • Pengembangan Strategi dan Kebijakan Berbasis Prinsip (Cabang dan Ranting)
  • Antisipasi Tantangan Pendidikan Kristen Abad XXI (Daun)
  • Pemahaman dan Pengembangan Hasil Pendidikan Kristen (Buah)

METODE PELATIHAN

Pelatihan dilakukan dengan metode Blended Learning yang merupakan perpaduan antara: 

Pembelajaran mandiri secara online yang dilengkapi dengan sebuah Learning Management System (LMS) dan Pembelajaran tatap muka terjadwal secara online 

Informasi lebih lanjut :

Email              : eccel.trampil@gmail.com

Whatsapp : 0878-5120-6767 & 0819-3800-9458